Wednesday 27 November 2013

86. Keuntungan PL-SQL

Keuntungan PL/SQL

PL/SQL merupakan bahasa untuk memproses transaksi berperforma tinggi yang menawarkan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:
 Mendukung SQL
 Mendukung object-oriented programming
 Performa lebih baik
 Produktifitas lebih tinggi
 Portabilitas penuh
 Integrasi dengan Oracle
 Keamanan yang baik


             Mendukung SQL

SQL telah menjadi bahasa basis data standar karena ia fleksibel, powerful, dan mudah dipelajari. Beberapa perintah-perintah seperti bahasa Inggris seperti SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE membuatnya mudah untuk memanipulasi data yang tersimpan di dalam basis data relasional (relational database).
SQL adalah non-prosedural, yang berarti bahwa kita dapat menetapkan apa yang ingin kita lakukan tanpa menentukan bagaimana melakukannya. Oracle yang akan menentukan cara terbaik untuk melayani permintaan kita. Tidak ada koneksi yang tidak perlu antara perintah-perintah yang berurutan karena Oracle mengeksekusi perintah SQL sekali pada satu waktu.
PL/SQL mengijinkan kita untuk menggunakan seluruh perintah-perintah data manipulation, cursor control, dan transaction control SQL begitu pula dengan functions, operators, dan pseudocolumns. Sehingga, kita dapat memanipulasi data secara lebih fleksibel dan aman. Juga, PL/SQL mendukung penuh tipe-tipe data SQL. Hal ini mengurangi perlunya mengkonversi data yang dilewatkan diantara aplikasi-aplikasi kita dan database.
PL/SQL juga mendukung SQL dinamis (dynamic SQL), sebuah teknik pemrograman tingkat lanjut yang membuat aplikasi-aplikasi kita lebih fleksibel dan serbaguna. Program-program kita dapat memproses perintah-perintah data definition, data control, dan session control SQL secara “on the fly” saat runtime.


            Mendukung Object-Oriented Programming

Object types merupakan tool pemodelan berorientasi objek yang ideal, dimana kita dapat menggunakannya untuk mengurangi biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi-aplikasi kompleks. Disamping juga membolehkan kita untuk menciptakan komponen-komponen software yang modular, maintainable, dan reusable, object types membolehkan juga tim-tim programmer yang berbeda untuk membangun komponen-komponen software secara berkelanjutan.
Dengan mengenkapsulasi operasi-operasi dengan data, object types mengijinkan kita untuk memindahkan kode-kode pemeliharaan data keluar dari script-script SQL dan blok-blok PL/SQL menuju kepada methods. Object types juga menyembunyikan detil-detil implementasi, sehingga kita dapat mengubah detil-detil tanpa mempengaruhi program-program pada sisi klien.
Sebagai tambahan, object types memperbolehkan pemodelan data yang realistis. Entitas-entitas kompleks pada dunia nyata beserta relasi-relasinya dipetakan secara langsung ke dalam object types. Hal ini membantu program-program kita secara lebih baik merefleksikan dunia yang berusaha disimulasikannya.

PL/SQL juga meningkatkan performa dengan menambahkan kekuatan pemrosesan prosedural kepada tool-tool Oracle. Dengan menggunakan PL/SQL, tool tersebut dapat melakukan suatu perhitungan secara lebih cepat dan efisien tanpa memanggil Oracle server.


No comments:

Post a Comment