Friday 29 November 2013

43. kepemimpinan diri didalam perusahaan

Kepemimpinan Diri dalam Perusahaan



Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus selalu ingat bahwa dia memimpin banyak orang. Orang-orang inilah yang membuatnya seorang pemimpin dan kemudian mengikuti dia. Para pengikut memiliki harapan dari pemimpin mereka. Pemenuhan harapan mereka memiliki dampak langsung pada kekaguman pemimpin mereka. Untuk menjadi pemimpin yang baik, kita perlu pemahaman dan perhatian dengan orang-orang dibawah kita. Kita perlu membantu mereka memerangi kelemahan, memuji kekuatan mereka dan membawa mereka bersama dijalan kesuksesan.
Seorang pemimpin pada sebuah perusahaan jugalah yang membentuk bagaimana suasana kerja serta karakter orang yang dipimpinnya dalam menjalankan tugasnya selama berada di kantor. Dalam menjalankan sebuah perusahaan, seorang pemimpin pasti memiliki gaya kepemimpinan yang khas. Seorang pemimpin yang profesional tentu tidak akan menggunakan gaya kepemimpinan yang kaku. Karena kepemimpinan memiliki pengaruh yang luar biasa pada sebuah perusahaan.
Berawal pada tahun 2009, lulus Sekolah Menengah Atas, saya langsung terjun kedunia kerja. Dunia yang sangat berbeda sekali dengan dunia sebelumnya. Terjun kedunia kerja membuat saya lebih memahami hidup. Saya bergabung disebuah perusahaan swasta pada saat itu, mungkin ibarat menanam pohon tidak bisa langsung tumbuh tinggi. Begitupun dengan karir saya, Memberikan pelayanan terbaik adalah tugas utama saya, bawahan yang dipimpin dan atasan yang memimpin. Bekerja sambil belajar saya tanam dalam hati. Bawahan mengambil ilmu atasan,dan atasan berbagi ilmu dengan bawahan. Pengalaman saya dalam menjalankan kepemimpinan perusahaan sangat membuat diri saya cepat dalam mengambil sebuah keputusan, karena kepercayaan yang diberikan atasan pada saya. Prinsip kepemimpinan yang saya terapkan adalah adanya rasa kekeluargaan dan rasa tanggung jawab pada tim. Kita harus memberikan contoh yang baik pada bawahan, memberikan pelayanan, bukan minta dilayani. Dengan demikian,bawahan akan meniru apa yang kita lakukan padanya. Menghargai pendapatnya,dan memuji hasil karyanya. Bagi saya menjadi memimpin memang tidak mudah, tapi dari situlah kita belajar.
Pemimpin yang baik akan memberikan kepercayaan pada bawahan. Kepercayaan akan melahirkan tanggung jawab dan kerelaan dalam diri bawahan untuk belajar dan menyelesaikan pekerjaannya sebaik mungkin.

No comments:

Post a Comment