Wednesday 27 November 2013

84. Architecture PL-SQL

        PL/SQL Architecture

Kompilasi dan sistem runtime dari PL/SQL adalah teknologi, bukan produk yang berdiri sendiri. Pikirkan teknologi ini sebagai engine yang meng-compile dan mengeksekusi blok-blok PL/SQL dan subprogram. Engine dapat diinstall di dalam Oracle server atau di dalam aplication development tool seperti Oracle Forms atau Oracle Reports. Sehingga, PL/SQL dapat berada di dua lingkungan:
 Oracle database server
 Oracle tools

Dua lingkungan ini adalah independen. PL/SQL di-bundle dengan Oracle server tetapi mungkin tidak tersedia di beberapa tool. Pada salah satu lingkungan tersebut, engine PL/SQL menerima sebagai input untuk setiap blok PL/SQL dan subprogram yang valid. Gambar 1-4 menunjukkan engine PL/SQL sedang memproses blok tanpa nama (anonymous block). Engine mengeksekusi perintah-perintah procedural tetapi mengirimkan perintah-perintah SQL ke SQL Statement Executor di dalam Oracle server.


           Oracle Database Server

Application development tool yang tidak memiliki engine PL/SQL lokal harus mempercayakan kepada Oracle untuk memproses blok-blok dan subprogram-subprogram PL/SQL. Karena ia memiliki engine PL/SQL, Oracle server dapat memproses blok-blok dan subprogram-subprogram PL/SQL seperti halnya perintah-perintah SQL

Anonymous Blocks

Anonymous PL/SQL blocks dapat dilekatkan di dalam Oracle Precompiler atau program OCI (Oracle Call Interface). Saat runtime, program tersebut, tanpa engine PL/SQL lokal, mengirimkan blok-blok ini ke Oracle server, dimana mereka di-compile dan dieksekusi. Demikian juga, tool-tool interaktif seperti SQL*Plus dan Enterprise Manager, yang tidak memiliki engine PL/SQL lokal, harus mengirimkan blok-blok tanpa nama tersebut ke Oracle server.


No comments:

Post a Comment