Wednesday 27 November 2013

01. Topik: Manajemen Pemasaran Judul:Dinas PMK Berencana Membuat Mobil Skylift Senilai Rp 23 Miliar

Bab I. Gambaran Umum Manajemen

Topik  : Manajemen Pemasaran
Judul   : Dinas PMK Berencana Membuat Mobil Skylift Senilai Rp                23 Miliar

Surabaya - Kebakaran yang menimpa kawasan pertokoan Pacific Megah Jalan Dupak menjadi pelajaran berharga bagi Dinas PMK Surabaya. Tahun depan, rencananya 1 unit mobil skylift senilai Rp 23 miliar bakal dibuat sendiri.

"Mobil skylift untuk kebakaran yang terjadi di bangunan tinggi. Tangganya bisa naik dan turun, kemudian naik lagi," kata Chandra Oratmangun, Senin (11/11/2013).

Kepala Dinas PMK Surabaya ini menuturkan, pihaknya berencana membuat sendiri mobil skylift yang ada dalam pengadaan tahun 2014.

"Kami buat sendiri, sesuai spesifikasi. Itu ikut dana perencanaan tahun ini, untuk direalisasikan tahun depan (multi-years). Kira-kira Rp 23 miliar," tutur dia.

Mobil skylift ini nantinya diperkirakan bisa mencapai api meski di ketinggian gedung 55 meter. "Misalnya di kebakaran pertokoan, tinggi maksimal 55 meter," pungkas Chandra.

TEORI

Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong\ pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.

Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

Konsep-konsep Pemasaran
Pemasaran dapat lebih mudah dipahami dengan mengerti beberapa elemen inti dari pemasaran. Secara konseptual, pemasaran merupakan sebuah falsafah bisnis yang menyadari pentingnya keterlibatan seluruh elemen organisasi dalam proses pemenuhan kebutuhan.dan keinginan konsumen sekaligus memenuhi tujuan-tujuan organisasi.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk mengaplikasikan konsepsi pemasaran:
1. Menggali informasi mengenai pasar, potensial maupun aktual. Sudah tersediakah barang/jasa yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar? Bagaimana perusahaan dapat meningkatkan kemampuan produknya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen?

2. Merancang dan mengembangkan program pemasaran
a. menyediakan produk yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen
b. menetapkan harga produk yang dapat diterima oleh pasar
c. mengkomunikasikan produk kepada konsumen untuk memposisikan produk di pikiran konsumen
d. memberikan jaminan bahwa konsumen dapat memperoleh produk disaat yang tepat dan di tempat yang tepat pula.

3. Mengevaluasi melalui proses penggalian informasi mengenai erektivitasprogram-program pemasaran perusahaan.

Tugas-tugas Manajemen Pemasaran

Tugas-tugas manajer pemasaran dapat dilihat dari segi fungsi manajemen yang dilakukan dalam bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen itu dijalankan untuk mengubah sumber-sumber menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia.Tugas-tugas itu antara lain :

·Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
·Mengembangkan suatu konsep produk yang ditujukan untuk memuaskan/ melayani kebutuhan
·Membuat desain produk
·Mengembangkan pembungkusan dan merk
·Menetapkan harga agar memperoleh Return on investment yang layak
·Mengatur distribusi
·Memeriksa penjualan
·Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif dengan menggunkan media atau cara lain yang tepat


Konsep, Fungsi, Macam-Macam Manajemen Pemasaran

Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu Organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

1. Konsep Produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

2. Konsep Produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. tugas manajemen di sini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri-ciri terbaik.

3. Konsep Penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4. Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran :




5. Konsep Pemasaran Sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

6. Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. Tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.


Penggunaan konsep pemasaran bagi sebuah perusahaan dapat menunjang berhasilnya bisnis yang dilakukan. Konsep pemasaran disusun dengan memasukkantiga elemen pokok, yaitu :
·Orientasi konsumen / pasar / pembeli
·Volume penjualan yang menguntungkan
·Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.

Pada dasarnya, perusahaan yang ingin mempraktekkan orientasi konsumen ini harus :
a.Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi
b.Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualannya
c.Menentukan produk dan program pemasarannya
d. Mengadakan penelitian pada konsumen, untuk mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan, sikap, serta tingkah laku mereka
e.Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitik beratkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.

Jadi, secara definitif dapat dikatakan bahwa Konsep pemasaran adalah :
”Sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”

BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran :
 adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran.

McCharty mengklasifikasikan bauran pemasaran menjadi 4 Kelompok:
 - Product (produk)
- Price (harga)
- Place(tempat)
 - Promotion (promosi)



Bagan Bauran Pemasaran




Fungsi-Fungsi Pemasaran :
1. Fungsi Pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.

2. Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.

3. Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi / penggolongan produk.


Fungsi Manajemen Pemasaran

 Fungsi manajemen pemasaran meliputi riset komunikasi, pengembangan produk, komunikasi promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian service. Semua kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi, dan memuaskan kebutuhan konsumen.

Berikut ini macam-macam strategi pemasaran properti yang tepat :
1. Memanfaatkan media promosi yang cukup efektif
Melakukan promosi melalui beberapa media dan kegiatan yang familiar di lingkungan masyarakat. Anda juga bisa melakukannya melalui iklan di media massa seperti koran, tabloid, majalah serta radio.
2. Produk Berkualitas
Sebaiknya perhatikan kebersihan lingkungan sekitar, faktor pencahayaan serta pemandangan alam disekelilingnya, kelengkapan legal document (surat izin bangunan), serta jaminan kenyamanan dan keamanan bagi para penghuninya.
3. Strategi Open House
 Strategi open house untuk menciptakan kepercayaan kepada konsumen. Konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi langsung lokasi hunian yang ditawarkan sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut.
4. Memasarkan via online
Pada saat ini, bisnis properti online mulai banyak peminatnya. Anda dapat menginformasikan produk Anda, memasang iklan bari ataupun banner di situs online lainnya, berbagai informasi mengenai perkembangan bisnis properti di forum-forum online. Pada saat ini pemasaran online banyak dilakukan karena hampir semua orang melakukan pembelian via online.
5. Jam Layanan yang Fleksibel
Anda memberikan ruang transaksi yang luas, mendahulukan kepentingan pembeli dengan bersedia melakukan transaksi kapan saja.

Beberapa istilah yang penting dalam konteks pemasaran adalah :
1. Produk (barang, jasa, ide) Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide.
2. Nilai : Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan
3. Biaya : Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
4. Kepuasan : Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan
5. Pasar : Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.

Surabaya - Kebakaran yang menimpa kawasan pertokoan Pacific Megah Jalan Dupak menjadi pelajaran berharga bagi Dinas PMK Surabaya. Tahun depan, rencananya 1 unit mobil skylift senilai Rp 23 miliar bakal dibuat sendiri.

"Mobil skylift untuk kebakaran yang terjadi di bangunan tinggi. Tangganya bisa naik dan turun, kemudian naik lagi," kata Chandra Oratmangun, Senin (11/11/2013).

Kepala Dinas PMK Surabaya ini menuturkan, pihaknya berencana membuat sendiri mobil skylift yang ada dalam pengadaan tahun 2014.

"Kami buat sendiri, sesuai spesifikasi. Itu ikut dana perencanaan tahun ini, untuk direalisasikan tahun depan (multi-years). Kira-kira Rp 23 miliar," tutur dia.

Mobil skylift ini nantinya diperkirakan bisa mencapai api meski di ketinggian gedung 55 meter. "Misalnya di kebakaran pertokoan, tinggi maksimal 55 meter," pungkas Chandra.


DAFTAR PUSTAKA:
- http://riksalira.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment