Wednesday 27 November 2013

68. Sejarah Sistem Operasi OS/2

 SejarahSistemOperasi OS/2
 


OS/2 adalah system operasi yang awalnya dibuat secara bersama-sama oleh International Business Machine Corporation (IBM) dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM PS/2, (penggantikomputer IBM PC/AT), sebagaipenggantisistemoperasi DOS yang telah lama digunakan.
Kata OS/2 adalahsingkatandari Operating System/2, karenadiperkenalkansebagaibagiandaririlisperubahangenerasi yang samasebagai “IBM Personal System/2 (PS/2)” generasikedua Personal Computer.
Pengembangansistemoperasiinidilakukanolehkeduaperusahaantersebut, denganmenggunakanperjanjian Joint Development Agreement (JDA).Sistemoperasitersebutdidesain agar dapatmenggunakankemampuanpenuhdarimikroprosesor Intel 80286, termasuk di antaranyaadalah modus terproteksi (protected mode), mampumenjalankanbanyaktugassecarasimultan (multitasking), sertamendukung virtual memory, dengantetapmempertahankankompatibilitasdenganbanyakperangkatlunak MS-DOS yang beredarsaatitu (meskitidaksemuanya), sertadapatmembacasemuacakram (disk) yang diformatdenganmenggunakan format DOS

RingkasanDeskripsiSistemOperasi OS/2:
Perusahaan/pengembang: IBM & Microsoft (v1.0-1.2), mulaiversi 1.3 dikembangkansendirioleh IBM.
Diprogrammenggunakanbahasapemrograman: C/C++
Status pengembangansaatini: Sebagaisejarah, kinidikembangkansebagaieComStation
Model source sistemoperasi: Closed source (kodesumbertertutup).
Jenislisensi: Proprietary (Hakmilik)
Awalrilis: April 1987.
Rilisstabilterakhir: 4.52 – Desember 2001
Target pemasaran: Profesional (versi Desktop), Server
Dukunganbahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Portugis
Bahasapemrograman yang didukung: REXX, ObjekRexx, Java
Platform yang didukung: x86.
Jenis Kernel: Hybrid kernel
Default antarmukapengguna: Workplace Shell dan GUI

VersiPerkembangan OS/2 (versi OS/2, tahun release, danfitur-fiturnya)

OS/2 1.00 – 1987
Merupakansistemoperasipertamauntuk Personal Computer denganfitur multitasking berdasarkandukungan hardware.Namundalam modus tekssajadanhanyadiperbolehkansatu program untukberada di layarpadasatuwaktu, meskipun program lain dapatberjalan di background. Ukuran disk maksimum yang didukungadalah 32 MB.Semuaversi 1.x dari OS/2 yang dirancangkhususuntukberjalanpadasistem 80286, mampuberjalanpadasistem 80386 juga.

OS/2 1.10 SE – 1988
SE 1.10 menambahkanantarmukapenggunaberbasisgrafis (GUI) untuk OS/2, dan GUI-nyadisebutPresentasi Manager (PM).Memungkinkanpenggunauntukberinteraksidengansistemoperasidengancara yang lebihramahdaripadaantarmuka command line sertadukunganuntuk hard drive FAT cukupbesarhingga 2 GB.

OS/2 1.10 EE – 1989
OS/2 1.10 EE (Extended Edition) menambahkan Database Manager dan Communications Manager. Database Manager adalah database relasional multitasking yang cukuppowerfull, dansekarangdisebut DB2.

OS/2 1.20 – 1989
OS/2 1.20 (SE dan EE) menawarkanpeningkatan Presentation Manager (GUI).Fiturlainnyaadalah High Performance File System (HPFS).HPFS jauhlebihefisiendanlebihcepatdaripada FAT.HPFS jugamenawarkanintegritas data jauhlebihbesar.REXX jugamunculuntukpertamakalinya di OS/2 1.20 EE.REXX adalahbahasapemrograman.

OS/2 1.30 – 1991
OS/2 1.30 (SE dan EE) adalahversipertama yang seluruhnyaditulisoleh IBM.Masihadabeberapakode Microsoft di dalamnya.Akibatnya, OS/2 1.30 lebihkecildanlebihcepatdariversisebelumnya, lebihstabil, dandukungan driver perangkatkeraslebihtersedia.REXX ditambahkanjugakeversi SE.

OS/2 2.00 – 1992
Sepenuhnyamendukungsistemoperasi 32 bit untuk Personal Computer. Hal inidilakukanmelaluipenggunaan Virtual DOS Machines (VDMs) yang memungkinkan OS/2 untukmenjalankanbanyak program DOS dan Windows padasaat yang samaseolah-olahmerekabenar-benarpadakomputer yang terpisah. Workplace Shell (WPS) jugadiperkenalkan di OS/2 2.00.Workplace Shell adalahsebuahantarmukapenggunaberorientasiobjek (OOUI).

OS/2 2.10 – 1993
Lebihcepat, mendukungsepenuhnyasubsistemgrafis 32 bit dan Multimedia Presentation Manager (MMPM/2) yang memberikankemampuan multimedia suaradan video.Dukunganuntuk Windows 3.0-3.1.PCMCIA untukkomputer laptop jugadimasukkandalam OS/2 2.10, bersamadengan Advanced Power Management (APM).OS/2 bisabekerjadengankomputer laptop yang memiliki BIOS APM untukmengurangikonsumsidayadanmemperpanjangmasapakaibaterai.

OS/2 Warp 3 – 1994
OS/2 Warp 3 inidirancanguntukdiinstaldandijalankan di komputer yang hanyamemiliki 4 MB RAM. Driver perangkattambahanmampuberjalandengansebagianbesar PC dan peripheral di pasaran.Workplace Shell, kinerjamencetak, dukungan PCMCIA, dandukungan multimedia semuanyaditingkatkansecarasignifikan.Komunikasi TCP/IP dan Internet jugaditambahkanke Warp 3. Web Explorer memungkinkanpenggunauntukmengakses World Wide Web. Mode teksdangrafisaplikasi FTP memungkinkan transfer file. Ultimail Lite memberikanpenggunalayanan e-mail.

Warp Connect – 1995
Warp Connect menggabungkansemuafiturdari Warp 3 dengankonektivitasjaringandanperangkat. Fungsi Warp Connect memungkinkan workstation klienuntukberbagisumberdayaseperti file, printer, dan modem denganpengguna lain padajaringan.

Warp Server – 1996
Warp Server menyediakankemasanterintegrasidari OS/2 Warp, produk IBM LAN Server 4.0, SystemViewuntuk OS/2, akses remote, recovery, dankemampuanpencetakanbaru yang memungkinkanmencetak file postscript dan non-postscript.



Warp Server SMP – 1996
OS/2 Warp Server Symmetric Multiprocessing (SMP) menyediakankemampuansistemoperasiuntukmenyebarkanbebankerjakomputasi di beberapaprosesor.

OS/2 Warp 4 – 1996
Warp 4, namakode Merlin. Fiturbarumeliputi Java danNavigasiVoiceType.Warp 4 disebut “Klien Universal” oleh IBM karenakonektivitasjaringandenganklienjaringan universal dengansemuasistemoperasi yang ada, TCP/IP (termasuk DHCP, DDNS, FTP, TFTP, Telnet, SLIP, PPP, SMTP, dan SNMP), SNA, NetBIOS.PengenalansuaraVoiceTypemembuat Warp 4 satu-satunyasistemoperasi di dunia yang memungkinkannavigasisuaratanpa software tambahan.Remote Access Services untukkemampuanakses remote yang memungkinkanuntukmengaksesjaringandarirumahataujalan.

Warp Server untuk e-bisnis (Aurora) – 1999
Fiturbarunyameliputisebuahantarmukagrafismengelolabahasa, Netscape Communicator 4,04, Lotus Domino Go Server untuk hosting situs web, WebSphere Application Server 1.1, NT Server Management (memungkinkanmanajemen domain NT dan server darisistem OS/2 termasukkemampuanuntuksinkronisasi account OS/2 dan NT), Network File System (NFS) untuk file sharing di jaringan, Logical Volume Management, danSistem Journaling (JFS) yang memberikankinerjalebihcepat, kapasitas disk yang lebihtinggi, skalabilitasmembaik, danpemulihanlebihcepat. Server Warp untuk e-bisnismenggunakan user interface berorientasiobjek (OOUI) dari Warp 4 untukantarmukapengguna.

OS/2 tidaklagidipasarkanoleh IBM, dandukunganstandar IBM untuk OS/2 dihentikanpada 31 Desember 2006.Saatini, Serenity Systems International menjual OS/2 di bawahnamamerekeComStation



Pengertian DOS

Disk Operating System atau yang biasa di kenal dengan nama DOS adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi dengan basis tampilan karakter text ( Character User Interface / CUI ).  Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan. DOS merupakan keluaran pertama dari Microsoft. DOS menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada sekitar tahun 1980-an. DOS di gunakan untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus.





DOS memiliki keluarga yang di bagi menjadi beberapa kelas, yaitu :

A. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System

MS-DOS (Microsoft-Disk Operating System) adalah sistem operasi disk produksi dari pabrik perangkat lunak Microsoft di Seattle, Washington. Microsoft terkenal dengan pelopor pabrik perangkat lunak untuk komputer mikro. MS-DOS dianggap sebagai standard dari sistem operasi pada komputer mikro 16 bit. Sebelum MS-DOS, untuk komputer mikro 8 bit, CP/M yang dianggap sebagai standard-nya. Gary Kildall mengembangkan CP/M untuk microprocessor Intel 8080. Hampir semua komputer micro pada waktu itu menggunakan microprocessor Intel 8080, sehingga CP/M banyak dipilih sebagai sistem operasi-nya. CP/M sukses luar biasa sampai IBM mengeluarkan produknya, yaitu IBM PC yang menggunakan microprocessor Intel 8088 dengan sistem operasi IBM PC-DOS.
Fungsi dari Ms-DOS:
1.       Mengorganisasi atau mengendalikan kegiatan computer
2.      Mengatur memori
3.      Menginstalasi hardware pendukung
4.      Mengatur posisi input dan output data
5.      Memanajemen sistem dalam computer
6.      Memanajemen file
7.      Memanajemen direktori

Pengelolaan disk dan file merupakan salah satu fungsi terpenting dari MS-DOS dimana sebagian besar perintah DOS melekukan operasi pada harddisk, floppy disk, atau file.

Perintah-perintah dasar dalam MS-DOS, antara lain :
1.    Komunikasi dengan sistem
Misalnya: DATE, TIME, SET, PROMPT, dan lain-lain.

2.    Bekerja dengan disk
Misalnya: MASSIGN, DISKCOMP, DISK COPY, LABEL, dan lain-lain.

3.    Bekerja dengan direktori
Misalnya: CHDIR/CD, DIR, MKDIR/MD, RMDIR/RD, TREE, PATH dan lain-lain.

4.    Pengelolaan file
Misalnya: ATTRIB, COPY, ERASE/DEL, FC, RENAME/REN, dan lain-lain.

5.    Pengelolaan masukan dan keluaran
Misalnya: CLSMODE, PRINT, TYPE, dan lain-lain.

6.    Setting lingkungan kerja
Misalnya: BREAK, COUNTRY, DEVICE, FILE dan lain-lain.

7.    Penggunaan file batch
Misalnya: CALL, ECHO, FOR, GO, TO, IF, PAUSE, REM, SIFY, dan lain-lain.

B. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating

IBM PC-DOS adalah sistem DOS untuk Komputer personal IBM dan yang kompatibel. SO ini di produksi dan di jual oleh IBM pada tahun 1980-2000an.




C. FreeDOS

 merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan penggunaberbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan symbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT. Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).

Kekurangan Ms DOS :
1.      DOS bukan termasuk GUI jadi otomatis lebih sulit, dikarenakan pakai Command Line Interface
2.      Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai buktinya, kalau dijalankan program DOS tanpa lewat CMD, langsung ditutup sama Windowsnya





Keunggulan program DOS :
1.      DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut)


Daftar Pustaka 






No comments:

Post a Comment