Wednesday 27 November 2013

87. Produktifitas pada PL-SQL

Produktifitas Lebih Tinggi

PL/SQL menambahkan fungsionalitas untuk tool-tool non-prosedural seperti Oracle Forms dan Oracle Reports. Dengan PL/SQL di dalam tool-tool ini, kita dapat menggunakan konstruksi prosedural yang sudah lazim untuk membangun aplikasi.
Sebagai contoh, kita dapat menggunakan seluruh blok PL/SQL di dalam trigger pada Oracle Forms. Kita tidak perlu lagi menggunakan langkah-langkah trigger yang banyak, macros, atau user exits. Sehingga, PL/SQL meningkatkan produktifitas dengan meletakkan tool-tool yang lebih baik di tangan kita.
PL/SQL memiliki bentuk yang sama pada seluruh lingkungan. Segera setelah kita memahami PL/SQL dengan suatu tool Oracle, kita dapat menggunakan pengetahuan itu pada tool-tool yang lain, sehingga menggandakan keuntungan-keuntungan produktifitas. Sebagai contoh, script-script yang ditulis dengan satu tool dapat digunakan oleh tool-tool yang lain.


Portabilitas Penuh

Aplikasi-aplikasi yang ditulis dengan PL/SQL portabel untuk setiap sistem operasi dan platform dimana Oracle berjalan. Dengan kata lain, program-program PL/SQL dapat berjalan dimanapun Oracle dapat berjalan; kita tidak perlu memodifikasinya lagi untuk setiap lingkungan yang baru. Hal ini berarti kita dapat menulis library-library program yang portabel, yang mana dapat digunakan di dalam lingkungan-lingkungan yang berbeda.


Integritas dengan SQL

Bahasa-bahasa PL/SQL dan SQL terintegrasi penuh satu sama lain. PL/SQL mendukung seluruh tipe-tipe data SQL dan nilai NULL. Hal ini memperbolehkan kita memanipulasi data Oracle secara lebih mudah dan efisien. Sehingga juga membantu kita untuk menulis kode program yang memiliki performa tinggi.
Attribute-attribute %TYPE dan %ROWTYPE selanjutnya mengintegrasikan PL/SQL dengan SQL. Sebagai contoh, kita dapat menggunakan attribute %TYPE untuk
mendeklarasikan variable-variable, berdasarkan deklarasi-deklarasi pada definisi-definisi kolom-kolom database. Jika definisi berubah, deklarasi variable akan menyesuakan dengan perubahan tersebut. Definisi baru akan mengalami perubahan tanpa campur tangan kita. Hal ini menyediakan data independence, mengurangi biaya-biaya maintenance, dan mengijinkan program-program untuk beradaptasi dengan perubahan database untuk menyesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan bisnis.


No comments:

Post a Comment